PERAN RRI STASIUN SURABAYA DALAM MEMPERTAHNAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI SURABAYA TAHUN 1945-1949

  • HARIS EKO WIJANARKO

Abstract

Abstrak

Radio merupakan salah satu alat komunikasi massa yang mempunyai kekuatan sendiri dalam mempengaruhi massa dengan sifatnya yang langsung dapat mencapai sasaran pendengar tanpa harus melalui proses yang sulit.

Penelitian ini menjawab rumusan masalah tentang bagaimana perkembangan RRI cabang Surabaya pasca proklamasi, dan juga siaran-siaran RRI, serta perkembangannya setelah Surabaya kembali diduduki oleh pemerintah kolonial. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan tahapan heuristik (mengumpulkan data), kritik, (melakukan uji validitas sumber yang telah didapat dalam proses heuristik), interpretasi (penafsiran terhadap sumber yang diperoleh), historiografi, (menyajikan hasil penelitian dalam suatu bentuk tulisan).

Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa RRI cabang Surabaya memegang peranan yang sangat vital dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Jawa Timur sebagai media penghubung antara pemerintah dan tokoh-tokoh revolusi dengan masyarakat. Serta menyiarkan peperangan melawan kolonial di Surabaya sehingga dapat diikuti perkembangannya di seluruh Indonesia.

 Kata Kunci : RRI Surabaya, revolusi kemerdekaan.

Published
2014-08-12
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 134