SEJARAH TAḤFIẒUL QURAN PONDOK PESANTREN AL QURAN NURUL  HUDA SINGOSARI MALANG TAHUN 1973-2007

  • NGINDIANA ZULVA

Abstract

Abstrak

Pondok Pesantren Al Quran Nurul Huda Singosari Malang (PPANH) adalah pesantren yang berdiri pada tanggal 20 Maret  1973. Pondok pesantren ini pada awalnya adalah pondok pesantren taḥfiẓ Al Quran, namun seiring dengan berjalannya waktu, pondok pesantren ini mulai mengembangkan program-program yang lain. PPANH adalah pondok pesantren salafiyah yang mempunyai ciri khas pendidikan Al Quran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana sejarah berdirinya Pesantren Nurul Huda Singosari Malang? 2) Bagaimana perkembangan pendidikan taḥfiẓul Quran di Pesantren Nurul Huda Singosari Malang tahun 1973-2007? 3) Bagaimana hubungan Kiai Abdul Manan dengan kiai-kiai lain di Malang? dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode sejarah yang terdiri dari 1) heuristik 2) kritik 3) interpretasi 4) historiografi. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti melakukan studi pustaka dan wawancara dikarenakan arsip tertulis yang ada jumlahnya sangat terbatas.

Kiai Abdul Manan adalah kiai pendatang yang datang dan berdakwah di daerah Singosari. Kiai Manan lahir pada tanggal tanggal  24 April 1925 di Desa Kraden, Kecamatan  Jetis Kabupaten Ponorogo. Kiai Manan berdakwah pada awalnya di langgar Genteng dan melaksanakan ta’lim dari desa ke desa. Kiai Manan adalah kiai yang  sabar. telaten, sederhana dan apa adanya. Hubungan kiai Manan dengan kiai-kiai yang lain sangat harmonis terbukti banyak sekali putra putri para kiai yang nyantri ke PPANH. Kiai Manan adalah kiai yang mengutamakan pendidikan Al Quran dan akhlak.

Pesantren Al Quran Nurul Huda beralamat di Jalan Kramat nomor 71 Singosari Malang. PPANH didirikan oleh Alm. Kiai Abdul Manan Syukur. Berdirinya pesantren ini diawali dengan adanya pengajian-pengajian yang dilaksanakan di rumah sang Kiai. Pondok pesantren ini mempunyai 4 program kegiatan yaitu 1) Madrasah Diniyah Salafiyah 2) Program Bahasa 3) Jama’ah Murottilil Quran (MMQ) 4) Ikatan Santri Penghafal Al Quran Pondok Pesantren Al Quran Nurul Huda. Pendidikan taḥfiẓ dalam PPANH mempunyai kurikulum yaitu 1) Al Quran bin nadhor 2) Al Quran bil ghoib yang terdiri dari pra taḥfiẓ dan taḥfiẓ Quran 3) Qiro’ah Sab’ah. Pelaksanaan program taḥfiẓ menggunakan 3 metode yaitu 1) talaqqi 2) musyafahah 3) sima’an.

Kata Kunci: Pondok Pesantren Al Quran Nurul Huda, taḥfiẓul Quran.

Published
2014-08-12
Abstract Views: 142
PDF Downloads: 237