ALAT UTAMA SISTEM PERTAHANAN DALAM UPAYA PEMBEBASAN IRIAN BARAT TAHUN 1961-1962

  • ACHMAD FEBRIANTO

Abstract

Abstrak

 

Pegadaan Alutsista ini didasari oleh perundingan diplomatik Indonesia dengan pihak kolonial Belanda dalam sengketa Irian Barat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Upaya Indonesia mendapatkan Alutsista modern guna pembebasan Irian Barat (2) Dampak yang ditimbulkan dari pengadaan Alutsista modern bagi perjuangan pembebasan Irian Barat.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan empat tahapan yaitu heuristik (penelusuran sumber yang berkaitan dengan pemasalahan yang diangkat diatas), kritik (pengujian validitas sumber-sumber yang telah diperoleh), interpretasi (penafsiran dengan mencari hubugan berbagai fakta yang telah ditemukan), historiografi (penyajian hasil penelitian dalam bentuk tulisan).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejak Desember 1950 Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik yang erat dengan pemerintah Uni Soviet dan mencapai puncaknya pada tahun 1960 yaitu dengan disepakatinya beberapa perjanjian kerja sama dibidang politik, ekonomi, sosial, dan militer. Pada tahun 1961 Belanda masih melakukan kolonialisme di Irian Barat, walaupun sudah melalui beberapa perudingan yang mengaharuskan Belanda untuk meninggalkan Irian Barat namun usaha itu selalu gagal. Pada tanggal 4 Maret 1961 di Jakarta dilangsungkan penandatanganan pembelian senjata dari Uni Soviet senilai 2.5 miliyar dollar AS atas dasar kredit jangka panjang. Pembelian senjata tersebut adalah pembelian yang terbesar yang pernah dilakukan Indonesia. Pembelian itu terpaksa dilakukan Indonesia guna memperkuat kekuatan militer Indonesia dalam pembebasan Irian Barat. Pembelian senjata itu merupakan titik balik kekuatan Indonesia dalam mempertahankan kedaulatan wilayahnya di mata dunia. Dengan pembelian persenjataan tersebut Indonesia memiliki kekuatan militer yang terkuat di belahan bumi bagian selatan.

 Kata kunci : Pembebasan Irian Barat, Alutsista.

Published
2014-08-14
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 96