SOE HOK GIE DALAM WACANA DWIFUNGSI MAHASISWA 1961-1969

  • SUASTIANI

Abstract

Abstrak

Pada 1961 mahasiswa Indonesia melakukan demonstrasi terhadap pemerintah Indonesia untuk pertama kali sejak kemerdekaan Indonesia. Mahasiswa menilai bahwa gerakan pemerintah sudah tidak lagi mampu menentukan kebijakan yang pro rakyat. Gerakan angkatan ’66 kemudian menunjukkan bahwa mahasiswa telah memiliki peran dwifungsi bagi sistem pemerintahan di Indonesia. Dwifungsi mahasiswa memiliki arti peran dalam dunia keilmuan juga berperan dalam melakukan fungsi sebagai kekuatan moral. Dengan demikian mahasiswa pada dasarnya harus memiliki peran ganda yakni sebagai kekuatan moral bagi keberlangsungan pemerintahan di Indonesia.

Latar Belakang masalah diatas menghasilkan rumusan masalah 1)Bagaimana Soe Hok Gie dalam dwifungsi mahasiswa 1961-1969. Langkah yang digunakan pada metode penelitian adalah heuristic yaitu pengumpulan sumber-sumber primer maupun seunder terkait masalah kemahasiswaan yang ditulis Gie diberbagai media massa, kritik yaitu tahap untuk menelaah sumber yang telah ditemukan, interpretasi yaitu tahap melakukan analisis terhadap fakta-fakta yang ditemukan dari sumber baik primer maupun sekunder, historiografi yaitu tahap penyajian hasil laporan penelitian dalam bentuk tulisan dengan penulisan sejarah.

Salah satu mahasiswa gerakan 1961 adalah Soe Hok Gie yang memiliki peran aktif saat masih kuliah. Gie mulai menghidupkan aktifitas kampus yang bebas darri golongan-golongan organisasi mahasiswa ekstra yang hanya ingin menguasai kampus demi kepentingan politik kelompok. Saat menjadi Ketua Senat FSUI, Gie mulai banyak melakukan forum diskusi dan mendirikan teater seni mahasiswa. Akan tetapi Gie juga tidak berhenti terus melakukan kritik terhadap masalah politik dan sosial yang dilakukan oleh kebijakan pemerintah. Sebagai mahasiswa Gie menganjurkan untuk tetap menjaga loyalitas mahasiswa sebagai kekuatan moral agar mahasiswa tidak berhenti dalam mempertahankan keadilan bagi rakyat kecil.

 Kata Kunci: Soe Hok Gie, dwifungsi mahasiswa, dan kekuatan moral

Published
2014-08-14
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 345