PERKEMBANGAN SENI TARI JARANAN BUTO DI KECAMATAN CLURING KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 1963-2007

  • AGUS DWI HANDOKO

Abstract

Abstrak

 

            Salah satu potensi yang ada di kecamatan Cluring adalah potensi kebudayaan. Kebudayaan lokal yang berkembang di masyarakat secara alami dapat mengalami pasang surut yang perlu adanya perhatian yang serius dari semua pihak. Salah satu kebudayaan lokal yang berkembang di kecamatan Cluring adalah kesenian. Kesenian yang yang beraneka ragam dan memiliki sifat mudah mengalami asimilasi dan akulturasi dengan kesenian lain. Salah satu kesenian yang ada di kabupaten Banyuwangi adalah seni tari jaranan buto.

            Untuk mengetahui lebih jauh mengenai perjalanan perkembangan seni tari jaranan buto, penulis melakukan serangkaian tahapan penelitian guna mendapatkan hasil deskriptif mengenai seni tari jaranan buto di kecamatan Cluring, kabupaten Banyuwangi. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: Nilai filosofis dan moral apa yang terkandung dalam Kesenian Tari Jaranan Buto di Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi?

                Penelitian kesenian yang selama ini hanya membahas aspek secara umum, maka dengan semiotika kesenian dan bahkan kebudayaan bisa dibedah secara lebih detail dan lebih mendalam. Hal ini tentunya dapat mengubah persepsi publik yang memandang kajian kesenian hanya bisa dikupas sampai kulit luarnya saja sehingga model penulisan secara umum dianggap membosankan. Selama ini masih jarang penulisan ilmiah khususnya sejarah yang menggunakan pendekatan semiotika. 

                Nilai-nilai baik simbolis dan moral yang terkandung di dalam kesenian tari jaranan buto telah dibedah mealalui analisis teori semiotika, dimana dalam analisis tersebut telah ditemukan beberapa nilai-nilai luhur yang terkadung didalam pertunjukkan tersebut. Kesenian Jaranan Buto ini merupakan salah satu mahkota yang harus dilestarikan, dipelihara dan ditunjukkan kepada dunia luar, sehingga potensi ini dapat bermanfaat baik untuk masyarakat maupun pemerintah, terutama dalam meningkatkan pendapatan asli daerah.

 

Kata kunci: Kecamatan Cluring, Jaranan Buto

Published
2014-08-15
Abstract Views: 282
PDF Downloads: 688