PERKUMPULAN PEMBINA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PPLP DASMEN PGRI) JAWA TIMUR TAHUN 2002-2005

  • NOVITA RISDIANA ANGGRAINI NING

Abstract

Abstrak

Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah Persatuan Guru Republik Indonesia (PPLP Dasmen PGRI) merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan PGRI. PPLP Dasmen PGRI dibagi dalam berbagai cabang, salah satunya cabang provinsi. PPLP cabang provinsi Jawa Timur berada di Surabaya. PPLP merupakan lembaga pendidikan yang bertanggung jawab terhadap keadaan sekolah-sekolah PGRI. PPLP ini dibentuk untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan memeratakan pendidiakn di Jawa Timur. PPLP di Jawa Timur merupakan lembaga pendidikan yang didirikan pada tahun 1981 di Surabaya dengan nama Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (YPLP PGRI). Namun pada tahun 2002 terjadi perubahan nama dari YPLP PGRI menjadi PPLP Dasmen PGRI.

Berdasarkan latar belakang tersebut, diambil dua rumusan masalah (1) Bagaimanakah latar belakang pendirian PPLP PGRI Jawa Timur tahun 2002; (2) Bagaimanakah upaya PPLP PGRI Jawa Timur dalam melaksanakan perannya di sekolah PGRI Jawa Timur tahun 2002-2005. Metode yang digunakan adalah metode sejarah meliputi heuristik, yaitu mengumpulkan sumber primer dan skunder. Selanjutnya melakukan uji validitas sumber dengan kritik intern yang berguna untuk menyeleksi sumber menjadi fakta. Fakta-fakta tersebut kemudian diinterpretasikan dengan cara mencari hubungan antar fakta. Terakhir yaitu historiografi atau penulisan sejarah. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui latar belakang pendirian PPLP Dasmen PGRI Jawa Timur, menganalisis upaya PPLP Dasmen PGRI dalam melaksanakan perannya dalam dunia pendikan tahun 2002-2005.

Latar belakang terjadinya perubahan nama YPLP menjadi PPLP Dasmen karena adanya peraturan UU No. 16 tentang yayasan dan UU Sikdisnas pasal 53 ayat 1 mendorong yayasan untuk mengubah namanya. Perubahan nama YPLP PGRI menjadi PPLP Dasmen PGRI. Pendidikan merupakan proses yang harus terus menerus dan saling ber-kesinambungan dari masa ke masa yang bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat untuk peningkatan taraf dan kualitas kehidupan. PPLP ini khusus menangani sekolah yang berada dalam naungan PGRI. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan PPLP. PPLP melakukan upaya dalam (1) fasilitas sapras; (2) kesejahteraan Guru; (3) mutu kualitas PBM; dan (4) mutu pendidikan. Hasil adanya upaya PPLP dalam sekolah PGRI dengan diakuinya sekolah PGRI dengan akreditasi A 36 dan akreditasi B dengan jumlah 487, dan jumlah akreditasi C sebanyak 47. Sedangkan yang tidak ter-akreditasi hanya 11 sekolah. Upaya ini berdampak untuk memberikan kepercayaan masyarakat agar percaya terhadap sekolah PGRI. kepercayaan masyarakat kepada sekolah PGRI akan membuat sekolah PGRI tetap bertahan dan berkembang.

 Kata kunci: PPLP Dasmen PGRI, Jawa Timur, 2002-2005

Published
2014-08-15
Abstract Views: 127
PDF Downloads: 2424