PERKEMBANGAN BISNIS MARTHA TILAAR DALAM DUNIA KECANTIKAN DI INDONESIA TAHUN 1970-1999

  • NORMA NOFITA PUTRI

Abstract

Abstrak

 

Sejak zaman dahulu perempuan di Indonesia telah mengenal berbagai cara untuk mempercantik dirinya dengan menggunakan cara-cara tradisional. tetapi hal itu mengalami perubahan semenjak adanya modernisasi di Indonesia, makna kecantikan dan kosmetik mengacu pada negara-negara barat. Meskipun kosmetik yang banyak diminati oleh perempuan Indonesia berasal dari barat, tetapi kosmetik lokal juga tetap bisa berkembang salah satu contohnya adalah Sariayu Martha Tilaar. Martha Tilaar merupakan salah satu pengusaha perempuan yang ada di Indonesia. Martha Tilaar mendirikan bisnis di bidang kecantikan dengan merek dagang Sariayu, ia menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam Indonesia.

Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana latar belakang berdirinya bisnis Martha Tilaar dalam dunia kecantikan tahun 1970-1980? 2) Bagaimana perkembangan bisnis Martha Tilaar dalam dunia kecantikan di Indonesia tahun 1981-2000?. Penelitian ini mengunakan metode penelitian sejarah yang meliputi tahap heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi.

Hasil penelitian ini menjelaskan perkembangan bisnis Martha Tilaar di bidang kecantikan yang telah didirikan sejak tahun 1970 dengan membuka sebuah salon kecantikan. Kemudian pada tahun 1977 Martha Tilaar bekerjasama dengan Kalbe Farma sebuah perusahaan farmasi untuk mengembangkan bisnis jamu kecantikan sebagai industri rumahan, kosmetika rias dengan label Sariayu baru diluncurkan pada tahun 1981. Sebuah gebrakan dilakukan pada tahun 1987 dengan meluncurkan koleksi trend warna Sariayu, sejak saat itu Sariayu terus meluncurkan trend warna setiap tahunnya. Hingga tahun 1999 bisnis kosmetika yang dilakukan yang dijalankan oleh Martha Tilaar mengalami perkembangan pesat karena berhasil memilki seluruh saham PT Martina Berto yang sebelumnya dimilki oleh Kalbe Farma, pada tahun tersebut Martha Tilaar juga mendirikan Martha Tilaar Group yang membawahi beberapa anak perusahaan di bidang kosmetika.

 

Kata Kunci : bisnis, Martha Tilaar, Kecantikan

Published
2014-08-21
Abstract Views: 328
PDF Downloads: 1216