Pengembangan Flipbook Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Kelas XII SMA

  • Zuiyina Fara Tartilia Mahmudah Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Sri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan era revolusi industri 4.0 atau Pendidikan abad ke-21 menjadikan teknologi sebagai salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Sudah selayaknya siswa dibekali dengan kemampuan literasi digital agarĀ  memiliki pengetahuan dan kecakapan dalam memanfaatkan search engine untuk mencari, menemukan, mengevaluasi informasi, dan memanfaatkannya secara sehat. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan flipbook berbasis CTL yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan kemampuan literasi digital. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Developmen, Implementation, Evaluation). Validitas flipbook didapat dari validasi ahli materi, ahli media, dan guru biologi SMA. Kepraktisan flipbook didapat dari hasil uji keterbacaan dan angket respon siswa. Keefektifan flipbook didapat dari hasil tes literasi digital (pretest-posttest). Penelitian ini diujicobakan pada 20 siswa kelas XII MIPA SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipbook dinyatakan valid dengan skor 3,81. Flipbook dinyatakan praktis dengan hasil uji keterbacaan yang berada pada peringkat 11 sehingga layak digunakan untuk kelas 10, 11, dan 12, serta hasil respon siswa sebesar 94%. Flipbook dinyatakan efektif dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,76 dengan ketuntasan tes literasi digital sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa flipbook yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan kemampuan literasi digital. Flipbook dapat melatihkan kemampuan literasi digital siswa karena dilengkapi berbagai fitur interaktif yang dirancang dan disesuaikan dengan indikator literasi digital.

Published
2024-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 50