Analisis Trend Bibliometrik STEM dalam Pembelajaran Biologi untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p260-269Keywords:
STEM, Biologi, Berpikir kritis, Biblioshiny, VOSviewerAbstract
STEM In Biology Learning (SIBL) merupakan penelitian tentang STEM pada pembelajaran biologi yang diambil dari publikasi di jurnal Scopus pada rentang tahun 2013-2023. Tujuan penelitian adalah memberikan gambaran umum tentang literatur penelitian STEM dalam pembelajaran biologi untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan analisis bibliometrik dari sejumlah artikel yang digali dari web Scopus dengan kata kunci “STEM in Biology Learning” sehingga diperoleh n = 1.253 dokumen yang kemudian difilter menjadi n=82 dokumen. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik menggunakan software Biblioshiny dan VOSviewer dengan analisis Co-Author, Co-Occurrence, Citation, dan Co-Word. Berdasarkan analisis bibliometrik, hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian SIBL pada rentang tahun 2013-2023 adalah “Biology”, “Human”, dan “Students”. “Biology” menjadi tren topik dengan frekuensi 8 di kuartil 1 pada tahun 2016, kuartil menengah pada tahun 2020, dan kuartil 3 pada tahun 2021. “Human” menjadi tren topik kedua dengan frekuensi 8 di kuartil 1 pada tahun 2020, kuartil menengah pada tahun 2021, dan kuartil 3 pada tahun 2022. Sedangkan, “Students” menjadi tren topik ketiga dengan frekuensi 8 di kuartil 1 pada tahun 2019, kuartil menengah pada tahun 2022, dan kuartil 3 pada tahun 2023. Namun, kata kunci atau topik utama pada SIBL seperti “STEM” tidak muncul sebagai tren penelitian pada publikasi 10 tahun terakhir. Simpulannya adalah pendekatan STEM dalam pendidikan diakui secara luas dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, terutama dalam mata pelajaran sains seperti biologi. Namun, meskipun pendekatan ini semakin populer, masih terdapat gap penelitian dalam pembelajaran biologi sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut di berbagai tingkatan pendidikan.
Downloads
References
Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. 2019. Model project based learning (PjBL) berbasis STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(2), 73-78. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910
Aini, I., Asri, I. H., Ariandani, N., Wazni, M. K., & Fathoni, A. 2022. PENGARUH PEMBELAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MA NW SENYIUR TAHUN PELAJARAN. Cocos Bio, 7(1), 32-38. https://doi.org/10.29408/cob.v7i1.6310
Fadlina, F., Artika, W., Khairil, K., Nurmaliah, C., & Abdullah, A. 2021. Penerapan model discovery learning berbasis STEM pada materi sistem gerak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 99-107. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18591
Fahimnia, B., Sarkis, J. and Davarzani, H. 2015. Green Supply Chain Management: A Review and Bibliometric Analysis. International Journal of Production Economics, Vol. 162, pp.101 114, Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2015.01.003
Fitriyah, I. J., & Muqoyyidin, A. W. 2024. Transformasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) sebagai Creative Thinking Skills dalam Pendidikan Abad 21. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Freeman, S., Eddy, S. L., McDonough, M., Smith, M. K., Okoroafor, N., Jordt, H., & Wenderoth, M. P. 2017. Active Learning Increases Student Performance in Science, Engineering, and Mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410-8415. https://doi.org/10.1073/pnas.1319030111
Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. 2019. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui metode eksperimen. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 139-145).
Hasanah, Z., Pada, A. U. T., Safrida, S., Artika, W., & Mudatsir, M. 2021. Implementasi model problem based learning dipadu LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 65-75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134
Izzati, N., Tambunan, L. R., Susanti, S., & Siregar, N. A. R. 2019. Pengenalan pendekatan STEM sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. Jurnal Anugerah, 1(2), 83-89. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i2.1776
Margot, K. C., & Kettler, T. 2019. Teachers' perception of STEM integration and education: A systematic literature review. International Journal of STEM Education, 6(1), 1-16. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0151-2
Marwantika, A. I. 2022. Analisis Bibliometrik Tren Kajian Dakwah Pada Masa Pandemi COVID-19 di Indonesia. Journal of Da'wah, 1(1), 24-41. https://doi.org/10.32939/jd.v1i1.1274
Moore, T., Stohlmann, M., Wang, H., Tank, K., Glancy, A., & Roehrig, G. 2014. Implementation and integration of engineering in K-12 STEM education. In S. Purzer, J. Strobel, & M. Cardella (Eds.). Engineering in Pre-College Settings: Synthesizing Research, Policy, and Practices. West Lafayette: Purdue University Press.
Naen, A. B., Wariani, T., Hayon, V. H., & Bria, C. 2020. Pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada penerapan pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Koulutus, 3(1), 1-12.
Kurdi, M. S., & Kurdi, M. S. 2021. Analisis bibliometrik dalam penelitian bidang pendidikan: Teori dan implementasi. Journal on Education, 3(4), 518-537. https://doi.org/10.31004/joe.v3i4.2858
OECD. 2015. Skills for future: The OECD skills outlook 2015. OECD Publishing.
OECD. 2018. PISA 2018: Insights and interpretations. OECD Publishing.
Pakpahan, H. R., Sari, J. K., Ramadina, M., Warman, M. S., & Fitri, R. 2023. Pengaruh Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Padang Pada Pembelajaran Biologi. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 3, No. 2, pp. 1349-1356). https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol3/878
Rachmawati, D., & Rohaeti, E. 2018. Pengaruh model pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 29-39. Syarah, M. M., Rahmi, Y. L., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Penerapan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Biologi. BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(3), 236-243.
Zhao, D., & Strotmann, A. 2015. Analysis and visualization of citation networks. Morgan & Claypool Publishers.
Zubaidah, S. 2019. STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September (pp. 1-18).

