Pengembangan E-LKPD Model Problem Based Learning Materi Ekosistem untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Siswa Kelas X SMA

Authors

  • Isnaini Ulil Karomah Universitas Negeri Surabaya
  • Tarzan Purnomo Univeritas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bioedu.v14n1.p188-201

Keywords:

Penelitian Pengembangan E-LKPD, Validitas E-LKPD, Kepraktisan E-LKPD, Keefektifan E-LKPD

Abstract

Kemampuan berpikir kritis menjadi aspek krusial bagi masyarakat di era global saat ini. Penelitian yang dilaksanakan berupa penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) model pembelajaran problem based learning / PBL materi ekosistem untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA yang layak dengan mengacu validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Rancangan penelitian mengikuti model 4-D yang memuat tahapan define, design, develop, dan dessiminate. Penelitian ini menggunakan parameter validitas, kepraktisan, dan keefektifan berupa lembar validasi, lembar keterlaksanaan, lembar angket respons guru dan peserta didik dan lembar pre-test serta post-test. Uji coba penelitian ini dilaksanakan kepada 20 siswa kelas X 11 di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD dihasilkan validitas sangat valid dengan nilai 89%, dinyatakan praktis dengan perolehan keterlaksanaan sangat praktis dengan nilai 95,94% dan respons guru 95% serta respons peserta didik 96% kemudian dinyatakan sangat efektif dengan mengacu hasil ketuntasan belajar peserta didik yang berpedoman pada KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) dengan nilai 100% serta ketercapaian keterampilan berpikir kritis kategori tinggi melalui perolehan n-gain 0,75. Berdasarkan penelitian tersebut, E-LKPD model PBL materi ekosistem untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar.

Kata Kunci: Penelitian Pengembangan E-LKPD, Validitas E-LKPD, Kepraktisan E-LKPD dan Keefektifan E-LKPD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agnafia, D. N. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea 5(1): 1-8.

Aini, I.N., & Hidayati, N. 2017. Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Penelitian dan Pembelajaran Matematika 10(2): 25-30.

Apertha, F., Zulkardi., & Yusup, M. 2018. Pengembangan LKPD berbasis Open Ended Problem pada materi segiempat kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika 12(2): 47-62.

Arends, R. 2008. Learning to Teach. New York: McGraw Hill Companies, Inc.

Arini, R., Rahayu, Y. S., & Erman. 2023. Profile of Critical Thinking Results Analyzed from Facione Indicators and Gender of Learners. International Journal of Recent Educational Research 4(4): 434-446.

Atabaki, A., Keshtiaray, N., & Yarmohammadian, M. 2015. Scrutiny of Critical Thinking Concept International. Education Studies 8(3): 93-102.

Awal, Yani. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Pada Materi Matriks. Jurnal Ilmiah Matematika 3(1): 9-14.

Azizah, Maskurotin., & Purnomo, Tarzan. 2020. Validitas Dan Efektifitas LKS PBL Pada Materi Ekosistem Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 9(1): 102-108.

BSNP. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Damayanti, J., & Ratnasari, E. 2021. Profil dan Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Bioentrepreneurship untuk Melatihkan Keterampilan Kewirausahaan dalam Era Industri 4.0. BioEdu 10(3): 530-541.

Farkhati, A. 2019. Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan ELKPD Terintegrasi Chemoentrepreneurship Untuk Menganalisis Soft Skill Siswa. Journal of Chemistry in Education 8(2): 1-5.

Fitriyah, Nur, M., & Ghofur, Muhammad, A. 2021. Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5): 1-5.

Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics 32 Test Data for Introductory Physic Courses. American Journal of Physics 66(1): 66-74.

Ilmiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. 2019. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik 7(2): 35-45.

Indiarti., Poerwanti., & Sularmi. 2021. Analisis kemampuan berpikir kritis dalam materi interaksi sosial pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar. PGSD Universitas Sebelas Maret.

Kusumaningrum, H., & Suparman. 2020. Design of Social Arithmetic Students Worksheets with Rme Approaches to Improve Critical Thinking Ability. International Journal of Scientific & Technology Research. 9(3): 4978-4982.

Labib, L., & Puspitawati, R.P. 2018. Validitas Dan Kepraktisan LKPD Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Materi Tumbuhan Spermatophyta Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 7(2): 230–241.

Masruroh, Iyta Uswatin & Raharjo. 2024. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Sub Materizat Makanan. Bioedu 13(2): 370-382.

Nafiah, Y.N. & Suyanto, W. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi 4(1): 125 –143.

Nisak, Esa Fitriana Khoirun & Susantini, Endang. 2023. Pengembangan E-LKPD Perubahan Lingkungan Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Bioedu 12(3): 683-694.

Norrazifti, S., & Dian, R. N. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPN Haruyan. Jurnal Pendidikan Hayati 5(4): 148-156.

Novitasari, F., & Puspitawati, R. P. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Solving pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. JIPB: Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi 3(1): 31-42.

Pramesthi, A., & Purnomo, T. 2020. Penerapan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Pendekatan Salingtemas Pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 9(1): 21-25.

Pratama, C., Kaspul, & Arsyad, M. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Jenjang SMA. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi 10(2): 16-23.

Priansa, Juni. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik. Bandung. CV Pustaka Setia.

Pujiati, D., & Yulianto, D. 2021. Analisis Media Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Teknologi Masa Pandemi Covid-19. Efektor 8(1): 45-52.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rizki, W., Nurmaliah, C., & Ali, M. S. 2016. Pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di MTsN Rukoh Kota Banda Aceh. Jurnal Biotik 4(2): 136-142.

Rositawati, Dwi, N. 2018. Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) :74-84.

Sagita, L., Widagsa, R., & Dwipa, N. M. S. 2018. Developing Bilingual Scientific-Worksheet For Indefinite Integral. Journal on Mathematics Education 9(2): 249–258.

Sani, Rima Nurus., & Ambarwati, Reni. 2024. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Submateri Upaya Pelestarian Keanekaragaman Hayati Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Bioedu. 13(2): 323-328.

Seibert, S. 2021. Problem-based learning: A Strategy To Foster Generation Z’s Critical Thinking And Perseverance. Teaching and Learning in Nursing 16(1): 85–88.

Selviana, Rahman, A., & Makbul, M. 2016. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Kombinatorika dan Peluang. Seminar PPGSM – 3TUM. 529-535.

Siyoto, A. & Sodik, A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: literasi media publishing.

Sudiatmika, I. 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. In Prosiding Seminar Nasional MIPA: 172-178.

Syofyan, Harlinda. 2023. Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA Menuju Pembentukan Profil Pelajar Pancasila. Sleman: Penerbit Deepublish Digital.

Tosuncuoglu, I. 2018. Importance of Assessment in ELT. Journal of Education and Training Studies 6(9): 163-167.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi 1(1): 5-9.

Wibowo, Dodiet, E., Mahmudi, Ali., Pujiastuti, Pratiwi, & Perdana, Meylani, A. 2021. Persepsi Penggunaan Flipped Classroom di Sekolah Dasar selama Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 14(2): 114-126.

Yulianti, Eka., & Gunawan, Indra. 2019. Model Pembelajaran Berbasis Masalah/Problem Based Learning: Dampaknya Atas Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 2 (3): 339-408.

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 905 , PDF Downloads: 445

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.