FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK MOTIVASI BERHIJAB PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v5i2.25328Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membentuk motivasi berhijab pada mahasiswi Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah subjek yaitu 100 mahasiswi di Universitas Negeri Surabaya.Karakteristik subjek adalah menggunakan hijab minimal selama dua tahun dan tidak pernah melepaskan hijabnya dalam kondisi apapun yang seharusnya menggunakan hijab.Data dalam penelitian ini adalah data yang dianalisis dengan model Rasch. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis faktor. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat dua faktor yang membentuk motivasi berhijab, yaitu faktor pendukung dan faktor ketertarikan. Faktor pendukung terdiri dari kebutuhan untuk menggunakan hijab, penghargaan karena telah menggunakan hijab, tekanan sosial yang mendorongnya untuk menggunakan hijab, dan hukuman yang menekannya untuk berhijab. Faktor ketertarikan terdiri dari minat yang muncul dalam diri individu untuk berhijab.
Kata Kunci : Motivasi Berhijab, MahasiswiDownloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Abstract views: 121
,
PDF Downloads: 117