Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2017

  • AGUS WIYONO
  • DESI NURWIDAWATI

Abstract

ABSTRAK

Individu yang mengalami transisi dari jenjang sekolah menengah menuju universitas diharapkan dapat belajar dengan giat dan menghindari prokrastinasi. Dampak dari prokastinasi akademik yang dilakukan mahasiswa ini akan membuat mahasiswa tersebut terlambat untuk menyelesaikan studinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik ini adalah kematangan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan emosi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa psikologi angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 37 mahasiswa angkatan 2017. Instrumen penelitian ini menggunakan skala kematangan emosi dan skala prokrastinasi akademik. Tenik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah product moment. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kematangan emosi dengan prokrastinasi akademik.

Kata Kunci : Kematangan Emosi, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa


ABSTRACT

Individuals who transition from high school to university is expected can study hard and avoid procastination academic behavior. The impact of procastination acedemics will make students were late of completed his course. One of the factors that affect prokrastinasi academic is emotional maturity. The purpose of this research is to examine the relationship between emotional maturity and academic procrastination of psychology students generation 2017. This research applies quantitative research method. The subject of this research are 37 psychology students generation 2017. The Instrument of this research use emotional maturity scale and academic procrastination scale. Data analysis techniques used in this study using product moment correlation analysis. The result revealed that there is a negative relation between emotional maturity and academic procrastination.

Keywords: Emotional Maturity, Academic Procrastination, Students

Published
2018-08-24
How to Cite
WIYONO, A., & NURWIDAWATI, D. (2018). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2017. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/25326
Abstract Views: 317
PDF Downloads: 438