Hubungan antara Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan E-commerce
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i2.57389Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif, yaitu untuk mencari hubungan korelasi kepercayaan konsumen (variabel X) dan keputusan pembelian (variabel Y). Subjek dari penelitian ini berjumlah 70 orang yang menggunakan lebih dari satu e-commerce, pelanggan dan konsumen e-commerce, melakukan pembelian berulang pada e-commerce, dan berusia 18-25 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive sampling dan menggunakan analisis korelasi pearson product moment. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,607 dan memiliki nilai signifikasi sebesar < 0,001 (sig<0,05). Artinya kedua variabel yang diteliti memiliki hubungan yang kuat dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce. Nilai korelasi dari penelitian ini positif atau searah, yang bermakna semakin tinggi kepercayaan konsumen, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce. Begitu pula dengan sebaliknya, semakin rendah kepercayaan konsumen, maka semakin rendah pula keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce.
Kata kunci : Kepercayaan konsumen, keputusan pembelian, dan pelanggan e-commerce
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Abstract views: 1066
,
PDF Downloads: 1124