Hubungan antara Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan E-commerce

  • naomi regina Unesa
  • Desi Nurwidawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif, yaitu untuk mencari hubungan korelasi kepercayaan konsumen (variabel X) dan keputusan pembelian (variabel Y). Subjek dari penelitian ini berjumlah 70 orang yang menggunakan lebih dari satu e-commerce, pelanggan dan konsumen e-commerce, melakukan pembelian berulang pada e-commerce, dan berusia 18-25 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive sampling dan menggunakan analisis korelasi pearson product moment. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,607 dan memiliki nilai signifikasi sebesar < 0,001 (sig<0,05). Artinya kedua variabel yang diteliti memiliki hubungan yang kuat dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce. Nilai korelasi dari penelitian ini positif atau searah, yang bermakna semakin tinggi kepercayaan konsumen, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce. Begitu pula dengan sebaliknya, semakin rendah kepercayaan konsumen, maka semakin rendah pula keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce.

Kata kunci : Kepercayaan konsumen, keputusan pembelian, dan pelanggan e-commerce

Published
2023-12-06
How to Cite
regina, naomi, & Nurwidawati, D. (2023). Hubungan antara Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Pelanggan E-commerce. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/57389
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 90