Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya

  • Fiyki Nurul Hikmah Universitas Negeri Surabaya
  • Desi Nurwidawati

Abstract

Mahasiswa dengan rentang usia 18-21 tahun berada pada masa remaja akhir dimana pada masa ini pola konsumsi mulai terbentuk, salah satunya pada pembelian produk pakaian. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan dimana muncul fenomena perilaku konsumtif pada produk fashion berupa pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa universitas negeri Surabaya yang berjumlah 100 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan skala psikologi konsep diri dan perilaku konsumtif. Teknik analisa data menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil analisis dari penelitian menujukkan bahwa taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), sehingga diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antar variabel. Hasil analisis didapatkan nilai koefisien korelasi  sebesar -0,617. Hasil ini kemudian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara konsep diri dengan perilaku konsumtif, semakin tinggi konsep diri, maka semakin rendah perilaku konsumtif.

Published
2023-07-06
How to Cite
Hikmah, F., & Nurwidawati, D. (2023). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 190-202. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/54206
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 147