Hubungan Antara Motivasi Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Di Gerai Es Kirm X

  • Azzarin Valda Adilah Universitas Negeri Surabaya
  • Desi Nurwidawati

Abstract

Maraknya pembelian produk di gerai es krim X di Indonesia mengharuskan produsen memahami faktor psikologis yang mengakibatkan pembelian produk meningkat, salah satunya yaitu faktor motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian di gerai es krim X. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan gerai es krim X yang berjumlah 92 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi konsumen dan skala keputusan pembelian. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi pearson product moment. Hasil uji korelasi dengan menggunakan teknik analisis product moment menunjukkan bahwa nilai r sebesar 0,673 dengan signifikansi (p) sebesar 0,000. Berdasarkan angka korelasi yang dihasilkan dari analisis statistik menggunakan software pengolah data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi konsumen dengan keputusan pembelian. Hubungan korelasi antar variabel masuk dalam kategori kuat dengan arah yang positif yang berarti jika motivasi konsumen tinggi maka keputusan pembelian akan meningkat dan jika motivasi konsumen rendah maka keputusan pembelian akan menurun.

Published
2023-07-06
How to Cite
Adilah, A., & Nurwidawati, D. (2023). Hubungan Antara Motivasi Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Di Gerai Es Kirm X. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 391-400. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/54344
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 139