GAMBARAN KETIADAAN PERAN ORANGTUA PADA REMAJA PELAKU BULLYING DI SMP NEGERI 1 PALANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v6i1.26985Abstract
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran ketiadaan peran orangtua pada remaja pelaku bullying. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling dengan jumlah subjek sebanyak 1 orang dengan inisial YA. Metode pengambilan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara . Teknik analisis data yang digunakan adalah pembuatan transkrip, pengkodingan, dan pembuatan tabel tema. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiadaan peran orangtua pada partisipan membuat orangtua hanya mampu memenuhi sebagian perannya. Peran yang dapat dipenuhi yaitu pendukung dalam hal materi, dan memberi motivator, serta peran sebagai pemberi pedoman. Hanya saja pada peranan sebagai motivator dan pemberi pedoman dilakukan orangtua melalui obrolan telepon dengan anak. Hal ini menyebabkan peran tersebut tidak dapat dijalankan dengan sempurna. Peran yang tidak dapat dipenuhi yaitu peran orangtua sebagai pembimbing, serta sebagai pendukung dalam kebutuhan non materiil (kasih sayang dan perhatian). Peranan tersebut tidak dapat dilaksanakan karena orangtua tidak tinggal bersama anak.
Kata Kunci: Ketiadaan Peran Orangtua, Pelaku Bullying, RemajaDownloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.