HUBUNGAN ANTARA SOCIAL COMPARISON DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNESA PENGGUNA INSTAGRAM

  • Marcelline Eva Panjaitan Universitas Negeri Surabaya
  • Diana Rahmasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

              Abstrak

Instagram pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 dan merupakan aplikasi berbagi foto dan video. Instagram menjadi media untuk individu dapat mengkomunikasikan berbagai hal, terutama dalam hal-hal kesuksesan, barang yang dimiliki dan status lainnya. Kondisi ini dapat mempengaruhi subjective well-being karena memicu untuk saling membandingkan diri antara pengguna Instagram. Membandingkan diri dapat memunculkan perasaan iri hati, emosi – emosi negatif, dan mempengaruhi evaluasi mengenai kepuasan hidup. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara social comparison yang dilakukan di Instagram dengan subjective-well being. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 235 responden sebagai sampel penelitian dan 60 responden sebagai sampel tryout, berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada variabel social comparison dan subjective well-being kurang dari 0,05 yaitu p=0,000 dengan koefisien korelasi sebesar -0,561. Hasil tersebut membuktikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan arah hubungan yang negatif antara social comparison dengan subjective well-being, dimana jika social comparison individu terbilang tinggi maka akan berdampak negatif terhadap subjective well-being atau terjadi penurunan pada subjective well-being. Sebaliknya, jika social comparison terbilang rendah maka akan berdampak positif terhadap subjective well-being atau mengalami kenaikan pada subjective well-being.

            Kata Kunci : Perbandingan Sosial, Kesejahteraan Subjektif, Instagram, Wanita, Mahasiswi

 

                                                                                                     Abstract

Instagram is a photo and video application sharing, created in 2010. Instagram allows the users to communicate about everything, especially like any kind of successful things they had, wealthiness, status and more. This situation can influence the state of subjective well-being because the users will tend to compare with one another. Social Comparison can cause envy, negative emotions, and affecting their evaluation of life satisfaction. This research is aimed to examine the correlation between social comparison in Instagram application toward Subjective Well-Being. This research is using quantitative methods. The subject of this research are 235 respondents as a sample and 60 respondents as a tryout subject, selected by criteria that have been made by the researcher. The data analysis technique is Pearson Product Moment Correlation technique. The result of this research shows that the significance level of variable social comparison and subjective well-being is below 0,05 which is p=0,000 with a coefficient correlation around is -0,561 (r=-0,561). The result has proven that there is a significant and negative relationship between social comparison and subjective well-being, show that if social comparison is high then it will give a negative impact on subjective well-being or it will degrade the subjective well-being state. In reverse, if social comparison is low then it will give a positive impact on subjective well being or it will increase the subjective well-being state. 

Keywords : Social Comparison, Subjective Well-Being, Instagram, Women, Undergraduate Female Students

Published
2021-07-07
How to Cite
Panjaitan, M., & Rahmasari, D. (2021). HUBUNGAN ANTARA SOCIAL COMPARISON DENGAN SUBJECTIVE WELL-BEING PADA MAHASISWI PSIKOLOGI UNESA PENGGUNA INSTAGRAM. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 189-202. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41318
Abstract Views: 1576
PDF Downloads: 1672