HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DENGAN KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA GURU

  • Diora Fradipta Universitas Negeri Surabaya
  • Olievia Prabandini Mulyana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Perubahan yang dinamis dalam organisasi mengharuskan individu memiliki kesiapan untuk berubah yang baik agar terus mampu beradaptasi. Kesiapan untuk berubah salah satunya dipengaruhi oleh dukungan yang diberikan organisasi terhadap karyawannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi dukungan organisasi dengan kesiapan untuk berubah pada guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 44 guru yang dipilih menggunakan teknik penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala persepsi dukungan organisasi yang disusun mengacu pada teori Rhoades dan Eisenberger (2002) dan skala kesiapan untuk berubah yang disusun berdasarkan dimensi dari Kondakci, Beycioglu, Sincar, dan Ugurlu (2015) dengan menggunakan jenis skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi person product moment dengan bantuan software SPSS 25.0 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.703 (r=0.703), dan nilai signifikansi sebesar 0.00 (<0.05). Hal ini juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dukungan organisasi dengan kesiapan untuk berubah pada guru. Hubungan antar variabel juga menunjukkan arah yang positif yang berarti bahwa semakin tinggi persepsi dukungan organisasi maka akan semakin tinggi pula kesiapan untuk berubah seseorang. Sebaliknya semakin rendah persepsi dukungan organisasi maka akan semakin rendah pula kesiapan untuk berubah seorang individu.

Kata Kunci: Persepsi Dukungan Organisasi, Kesiapan Untuk Berubah, Guru.         

Abstract

Dynamic changes in organizations require an employee to have an excellent readiness to change to be adaptable. One of the factors that affect readiness to change is employee’s perceived organizational support. This study aims to determine the relationship between perceived organizational support and readiness to change in teachers. This research uses quantitative research methods. The subjects of this study were 44 teachers who were selected using population technique. The data collection technique was carried out using a perceived organizational support scale which was compiled according to the theory of Rhoades and Eisenberger (2002) and a readiness to change scale based on the dimensions of Kondakci, Beycioglu, Sincar, and Ugurlu (2015) using the Likert scale. The data was analyzed using the pearson product moment correlation test using spss 25.0 for windows. The results of the analysis show that the correlation coefficient value of 0.703 (r=0.703), and significance value of 0.00 (<0.05). This result show that there is a significant relationship between perceived organizational support and readiness to change in teacher. The relationship between variables also shows a positive direction, which means that the higher the perceived organizational support, the higher readiness to change. Conversely, the lower the perceived organizational support, the lower the readiness to change an individual.

Keywords: Perceived Organizational Support, Readiness to Change, Teacher.  

 

Published
2021-06-20
How to Cite
Fradipta, D., & Mulyana, O. (2021). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DENGAN KESIAPAN UNTUK BERUBAH PADA GURU. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 60-70. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/40455
Abstract Views: 420
PDF Downloads: 439