Hubungan antara Work Engagement dengan Organizational Citizenship Behavior pada Guru
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10n3.p1489-1505Keywords:
Guru, Organizational citizenship behavior, work engagementAbstract
Guru merupakan ujung tombak dari terlaksananya pendidikan yang efektif di sekolah. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara work engagement dengan organizational citizenship behavior pada guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional yang melibatkan 68 guru SMA Negeri di Kecamatan X. Instrumen yang digunakan sebagai alat ukur pada penelitian ini adalah skala work engagement dan skala organizational citizenship behavior. Setelah data diperoleh, selanjutnya dilakukan analisis menggunakan uji korelasi pearson prodct moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi data sebesar 0.00 (p<0.05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0.739 (r=0.739) yang artinya terdapat hubungan kuat antara work engagement dengan organizational citizenship behavior pada guru. Nilai koefisien korelasi juga menunjukkan bahwa kedua variabel memiliki hubungan searah yang berarti semakin tinggi work engagement, maka semakin tinggi pula organizational citizenship behavior pada kalangan guru.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.