HUBUNGAN ANTARA KETERIKATAN KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA GURU SMA NEGERI 1 GEDANGAN DI MASA PANDEMI

  • Wiwin Muchollasho Universitas Negeri Surabaya
  • Olievia Prabandini Mulyana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterikatan kerja dengan organizational citizenship behavior pada guru SMA Negeri 1 Gedangan di masa pandemi. Sampel penelitian ini berjumlah 34 orang yang ditetapkan dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode kuatitatif dengan teknik korelasi. Isntrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala keterikatan kerja dan skala organizational citizenship behavior. Jenis instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS versi 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterikatan kerja dengan organizational citizenship behavior dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0.05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,885 (r=0,885). Hubungan yang positif dapat diartikan bahwa semakin tinggi keterikatan kerja yang dimiliki oleh guru, maka semakin tinggi pula organizational citizenship behavior yang dimiliki oleh guru. Sebaliknya, jika keterikatan kerja yang dimiliki oleh guru rendah, maka  semakin rendah pula organizational citizenship behavior yang dimiliki guru.

Kata Kunci: Keterikatan Kerja, Organizational Citizenship Behavior, Guru.                         

Abstract

This study aims to find out the relationship between work attachment and organizational citizenship behavior in teachers of SMA Negeri 1 Gedangan during the pandemic. The sample of this study amounted to 34 people who were determined using saturated sample techniques. This study uses a robust method with correlation techniques. The instrument used in this study is the scale of work attachment and organizational citizenship behavior scale. The type of instrument used in this study is the Likert scale data analysis techniques using Pearson Product Moment correlation test with the help of SPSS version 24.0 for windows. The results showed a positive and significant relationship between work attachment and organizational citizenship behavior with a significance value of 0.000 (p<0.05) and a correlation coefficient value of 0.885 (r=0.885). A positive relationship can mean that the higher the attachment of work owned by the teacher, the higher the organizational citizenship behavior owned by the teacher. On the other hand, if the work attachment owned by the teacher is low, then the lower the organizational citizenship behavior that the teacher has.

Keywords: Work Engagement, Organizational Citizenship Behavior, Teacher. 

 

Published
2021-06-11
How to Cite
Muchollasho, W., & Mulyana, O. (2021). HUBUNGAN ANTARA KETERIKATAN KERJA DENGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR PADA GURU SMA NEGERI 1 GEDANGAN DI MASA PANDEMI. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 115-126. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/40942
Abstract Views: 280
PDF Downloads: 217