HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS XI DI SMA X

  • Anggita Tri Wijayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Damajanti Kusuma Dewi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan dalam kehidupan manusia, banyak kegiatan yang awalnya dilakukan di lingkungan dengan berinteraksi dengan individu lain sekarang menjadi kegiatan di dalam rumah seperti halnya kegiatan sekolah. Selama masa pandemi, sistem pembelajaran harus dilakukan berbeda daripada sebelumnya. Para guru dan siswa harus melakukan pembelajaran secara daring saat virus meningkat, selanjutnya sistem pembelajaran berubah menjadi hybrid learning (pembelajaran daring dan luring). Hal tersebut membuat siswa membutuhkan pengaturan diri dan penyesuaian diri terhadap situasi dan kondisi yang terjadi agar siswa mampu mengikuti sistem pembelajaran yang berubah – ubah dan pelajaran dapat diterima dengan baik. Pentingnya pengaturan dan penyesuaian diri membuat peneliti tertarik melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri pada siswa. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI di SMA X yang berjumlah 194 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Alat ukur yang digunakan adalah adaptasi dari skala regulasi diri yaitu Self-Regulation Formative Questionnair dan skala penyesuaian diri yaitu Academic Adjustment Scale. Teknik analisis data menggunakan Product Moment Pearson untuk melihat korelasi antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0.680 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan positif antara regulasi diri dengan penyesuaian diri. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai penambahan wawasan tentang regulasi diri dan penyesuaian diri oleh pembaca, selain itu dapat digunakan sebagai referensi bagi pembaca untuk melakukan penelitian selanjutnya tentang variabel regulasi diri dan penyesuaian diri, serta mampu digunakan sebagai gambaran umum dalam menentukan topik penelitian.
Kata Kunci: regulasi diri, penyesuaian diri, siswa, pembelajaran
Abstract
The Covid-19 pandemic has made many changes in human life, many activities that were originally carried out in an environment of interaction with individuals have now become activities at home such as school activities. During the pandemic, the learning system must be done differently than before. Teachers and students must do bold learning when the virus increases, then the learning system changes to hybrid learning (bold and engaging learning). This makes students need self-regulation and adjustment to situations and conditions that occur so that students are able to follow a changing learning system and lessons can be well received. The importance of adjustment and adjustment makes researchers interested in conducting research with the aim of whether there is a relationship between adjustment to students. The subjects who participated in this study were all students of class XI in SMA X which collected 194 students. This study uses a quantitative method with a correlational approach. The measuring instrument used is the adjustment of the self-regulation scale, namely the Self-Regulation Formative Questionnaire and the self-adjustment scale, namely the Academic Adjustment Scale. The data analysis technique uses Pearson's Product Moment to see the correlation between variables. The results showed a correlation value of 0.680 which means that there is a significant relationship between self-regulation and self-adjustment. This research can be used as additional insight into self-regulation and self-adjustment by readers, besides that it can be used as a reference for readers to conduct further research on self-regulation and self-adjustment variables, and can be used as an overview in determining research topics.
Keywords: self-regulation, self-adjustment, students, learning

Published
2022-06-06
How to Cite
Wijayanti, A., & Dewi, D. (2022). HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS XI DI SMA X. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(4), 221-232. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/46794
Abstract Views: 527
PDF Downloads: 772