Hubungan Persepsi Dukungan Organisasi dan Keterikatan Kerja pada Guru

  • Annisa Talia Al Maghfiroh Universitas Negeri Surabaya
  • Olievia Prabandini Mulyana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi dukungan organisasi dan keterikatan kerja pada guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif korelasi. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik sampling jenuh sehingga total responden yang terlibat pada penelitian ini berjumlah 49 guru yang mengajar di sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) “X”. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa skala persepsi dukungan organisasi dan skala keterikatan kerja. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi pearson product moment yang menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,734 (r=0,734) dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,05). Hasil pengolahan data ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan pada persepsi dukungan organisasi dan keterikatan kerja pada guru. Hal tersebut dapat diartikan bahwa semakin positif persepsi dukungan organisasi yang dirasakan guru, maka akan semakin tinggi pula keterikatan kerja pada guru. Begitu pula sebaliknya, semakin negatif persepsi dukungan organisasi yang dirasakan guru maka akan semakin rendah pula keterikatan kerja pada guru.

Published
2023-07-04
How to Cite
Al Maghfiroh, A., & Mulyana, O. (2023). Hubungan Persepsi Dukungan Organisasi dan Keterikatan Kerja pada Guru. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(1), 593-606. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/53617
Abstract Views: 66
PDF Downloads: 102