Hubungan Dukungan Sosial Dan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Perantauan Yang Sedang Menyusun Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v10i2.54048Abstract
Semakin tinggi semester yang ditempuh oleh mahasiswa maka akan semakin tinggi pula beban yang ditanggung. Mahasiswa perantauan yang berada di semester akhir yang sedang menyusun skripsi tentu memiliki tantangan tersendiri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa perantauan yang sedang menyusun skripsi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Dengan teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Product Moment Pearson dengan bantuan SPSS 26.0 for windows. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala dukungan sosial dan skala kesejahteraan psikologis yang disusun oleh peneliti dengan menggunakan skala likert. Terdapat 100 mahasiswa perantauan yang sedang menyusun skripsi menjadi subjek penelitian ini. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan nilai signifikasi 0,000 (p<0,05) dengan nilai koefisien korelasi (r=0,608). Ini dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dan kesejahteraan psikologis. Dimana apabila dukungan sosial tinggi maka kesejahteraan psikologis juga akan tinggi. Begitu pula sebaliknya apabila dukungan sosial rendah kesejahteraan psikologis juga akan rendah.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

