Profil Efikasi Diri pada Mahasiswa Tingkat Akhir
DOI:
https://doi.org/10.26740/cjpp.v11n3.p1411-1419Keywords:
Mahasiswa tingkat akhir, profil efikasi diriAbstract
Pada tingkat akhir mahasiswa memerlukan adanya efikasi diri agar dapat menghadapi tugas akhir dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil efikasi diri pada mahasiswa tingkat akhir menggunakan skala efikasi diri. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan 60 sampel. Metode penelitian menggunakan kuanti deskriptif. Teknik analisa yang digunakan adalah mean empirik dan uji tabulasi silang, data diolah menggunakan SPSS 29. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah profil efikasi diri pada mahasiswa memiliki presentase yang sangat tinggi sebesar 43.3%, tinggi sebesar 38.3%, cukup sebesar 15 % dan rendah sebesar 3.3% dan sangat rendah sebesar 0%.
Downloads
References
bandura, A. (1995). Self efficacy in Changing society. Cambridge: Cambridge University Press.
Halimah , C. (2021). HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 160-170.
Herdianti. (2013). Profil Efikasi Diri pada Mahasiswa Semester IV Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Gorontalo. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Jannah, M. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. Unesa University Press.
Karmila, L. (2020). Profil self efficacy (efikasi diri) dalam pembelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.
Linah Arifah Fiitria, Andri Wahyu Widjayati, Oktaffi Arinna Mannasikana, Nur Hayati. (2019). Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi. Jombang: LPPM UNHASY TEBUIRENG JOMBANG.
Pradia, F. R. (2021). HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN ACADEMIC DISHONESTY PADA MAHASISWA. Jurnal Penelitian Psikologi, 90-103.
Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi proses pendidikan. Bandung: Pt. Remaja Roskadaya.
Utari, D. (2020). Profil Efikasi Diri Siswa yang Mengalami Burnout Belajar di SMA Sriguna Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Afnan, Rahmi, meydisa. (2020). HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN STRESS PADA MAHASISWA YANG BERADA DALAM QUARTER LIFE CRISIS. jurnal kognisia, 23-29.
Dewi, R. P. (2017). HUBUNGAN EFIKASI DIRIDENGANPENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIRPADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGIUNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. InSight, 87-99.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
Copyright in any article is held by the author.
The author grants the journal, publication rights with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in an institutional repository or on their website) prior to and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.