STUDI FENOMENOLOGI: DAMPAK APLIKASI TIKTOK TERHADAP REMAJA AKHIR SHOPEE AFFILIATES

Authors

  • Nadila Trisukma Devi Universitas Negeri Surabaya
  • Yohana Wuri Satwika Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i6.47319

Abstract

Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat dampak dari aplikasi Tiktok pada remaja khususnya yang terdaftar sebagai Shopee affiliates. Terdapat empat orang subjek dalam penelitian ini yang akan diwawancarai dengan pendekatan fenomenologi. Berdasarkan tujuan dan hasil analisis atas wawancara yang telah dilakukan maka simpulan penelitian ini adalah aplikasi Tiktok membawa dampak positif dan negatif kepada remaja yang tergabung dalam Shopee affiliates. Dampak positifnya adalah luasnya jangkauan pengguna maupun konten, isi konten yang mayoritas bermanfaat dalam keseharian, dan dapat menjadi sarana promosi serta sesuai dengan yang sedang viral. Sedangkan untuk dampak negatifnya adalah algoritma Tiktok yang tidak jelas, adanya hate comment, sehingga menimbulkan perasaan-perasaan negatif. Self control dan menjauhi permasalahan adalah mekanisme pertahanan diri yang dilakukan keempat subjek.
Kata Kunci: aplikasi Tiktok, remaja akhir, shopee affiliates.
Abstract
This study aims to see the impact of the Tiktok application on teenagers, especially those who are registered as Shopee affiliates. There are four subjects in this study which will be interviewed using a phenomenological approach. Based on the objectives and results of the analysis of the interviews that have been conducted, this study concludes that the Tiktok application has a positive and negative impact on teenagers who are members of Shopee affiliates. The positive impact is the broad reach of users and content, which is primarily helpful in daily life and can be a means of promotion according to what is currently viral. As for the negative impact, the Tiktok algorithm is not straightforward. There are hate comments, causing negative feelings. Self-control and staying away from problems are self-defense mechanisms that the four subjects do.
Keywords: Tiktok application, late teens, shop affiliates.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-21

How to Cite

Devi, N. T., & Satwika, Y. W. (2022). STUDI FENOMENOLOGI: DAMPAK APLIKASI TIKTOK TERHADAP REMAJA AKHIR SHOPEE AFFILIATES. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 209–220. https://doi.org/10.26740/cjpp.v9i6.47319
Abstract views: 1762 , PDF Downloads: 2538

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>