Hubungan Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Akhir yang Berkuliah di Surabaya

Authors

  • Achmad Muflih Al Fajri Universitas Negeri Surabaya
  • Yohana Wuri Satwika Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p360-369

Keywords:

Efikasi diri, kesiapan kerja, mahasiswa tingkat akhir

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir dalam menghadapi transisi menuju dunia kerja yang kompetitif. Salah satu faktor psikologis yang diduga berperan dalam meningkatkan kesiapan kerja adalah efikasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan melibatkan 154 mahasiswa semester akhir sebagai partisipan. Instrumen yang digunakan terdiri dari General Self-Efficacy Scale dan Work Readiness Scale yang telah diadaptasi. Pengumpulan data dilakukan secara daring melalui Google Form. Analisis data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment, didahului oleh uji asumsi normalitas dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan kesiapan kerja (r = 0.579; p < 0.001). Artinya, semakin tinggi efikasi diri mahasiswa, maka semakin tinggi pula kesiapan kerja yang dimiliki. Temuan ini menunjukkan bahwa efikasi diri merupakan faktor penting yang perlu dikembangkan untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tuntutan dunia kerja.

Abstract

This study is motivated by the importance of work readiness among final-year students as they transition into an increasingly competitive job market. One psychological factor that is presumed to play a role in enhancing work readiness is self-efficacy. This research aims to examine the relationship between self-efficacy and work readiness in final-year university students in Surabaya. The study employed a quantitative correlational approach involving 154 final-year students as participants. The instruments used were the adapted versions of the General Self-Efficacy Scale and the Work Readiness Scale. Data were collected online using Google Forms. Data analysis was conducted using the Pearson Product-Moment correlation test, preceded by normality and linearity assumption tests. The results showed a significant positive relationship between self-efficacy and work readiness (r = 0.579; p < 0.001). This indicates that the higher the level of self-efficacy, the greater the level of work readiness among students. These findings highlight that self-efficacy is an important psychological factor that supports students’ preparedness in facing the demands of the workforce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, S. T. O., & Rahmawati, S. (2023). Pengaruh Efikasi Diri terhadap kesiapan kerja mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB University. Neolectura, 4(2). https://doi.org/10.37010/jdc.v4i2

Alifya, N. (2023). Pengaruh career self efficacy dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UIN Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Azzahra, A., Savandha, S. D., Bharoto, R. M. H., & Kevin, N. H. (2024). The Impact of High Job Qualification Standards on Unemployment Rates Among Fresh Graduates in Indonesia. Journal Transnational Universal Studies, 2(4), 244-255. https://doi.org/10.58631/jtus.v2i4.109

Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2024, Mei 6). Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Provinsi Jawa Timur Februari sebesar 3,74 persen. Badan Pusat Statistik Jawa Timur. https://jatim.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/06/1451/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--di-provinsi-jawa-timur-februari-sebesar-3-74-persen.html

Bandura, A. (1978). Self Efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Advances in behaviour research and therapy, 1(4), 139-161. https://educational-innovation.sydney.edu.au/news/pdfs/Bandura%201977.pdf

Caballero, C. L., & Walker, A. (2010). Work readiness in graduate recruitment and selection: A review of current assessment methods. Journal of teaching and learning for graduate employability, 1(1), 13-25. http://hdl.handle.net/10536/DRO/DU:30030444

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.

Ghasemi, A., & Zahediasl, S. (2012). Normality tests for statistical analysis: A guide for non-statisticians. International Journal of Endocrinology and Metabolism, 10(2), 486–489. https://doi.org/10.5812/ijem.3505

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate data analysis (7th ed.). Pearson.

International Labour Organization. (2020). Youth employment in times of COVID-19. https://www.ilo.org

Jannah, M. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi. In UNESA University Press. UNESA University Press

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 14(2). https://doi.org/10.24014/jp.v14i2.6943

Puteri, S. S., & Rozamuri, A. M. (2023). Pengaruh Pengalaman Organisasi dan Pengalaman Magang terhadap Kesiapan Kerja Peserta Magang PT Pelabuhan Indonesia (Persero). In Prosiding Seminar Nasional Forum Manajemen Indonesia-e-ISSN (pp. 3026-4499). https://doi.org/10.47747/snfmi.v1i.1525

Sagita, M. P., Hami, A. E., & Hinduan, Z. R. (2020). Development of Indonesian Work Readiness Scale on Fresh Graduate in Indonesia. Jurnal Psikologi, 19(3), 296-313. https://doi.org/10.14710/jp.19.3.297-314

Suarta, I. M. (2020). Instrumen Penelitian. Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Wardhana, D., & Nugroho, D. (2006). Pengangguran Struktural Di Indonesia: Keterangan Dari Analisis Svar Dalam Kerangka. Journal of Indonesian Economy and Business (JIEB), 21(4), 361-375. https://journal.ugm.ac.id/jieb/article/view/39922

Wibowo, A., & Suroso. (2016). Adversity Quetient, Efikasi Diri dan Kesiapan kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Multimedia SMKN 1 Kabupaten Jombang. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 174–180. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.735

Wiharja, H., Rahayu, S., & Rahmiyati, E. (2020). Pengaruh Efikasi Diri terhadap kesiapan kerja mahasiswa pendidikan vokasi. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 2(1), 11-18. https://doi.org/10.38038/vocatech.v2i1.40

Wijikapindho, R. A., & Hadi, C. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dengan kesiapan kerja pada mahasiswa semester akhir. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(2), 1313-1318. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i2.28820

World Economic Forum. (2023). The Future of Jobs Report 2023. https://www.weforum.org

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Al Fajri, A. M., & Satwika, Y. W. (2025). Hubungan Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Akhir yang Berkuliah di Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 12(01), 360–369. https://doi.org/10.26740/cjpp.v12n01.p360-369
Abstract views: 76 , PDF Downloads: 20

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.