Pengaruh Fear of Negative Evaluation (FNE) terhadap Pembelian Impulsif pada Generasi Z

  • Dwi Rara Amanatin Universitas Negeri Surabaya
  • Siti Ina Savira

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan generasi Z menjadi lebih mudah terpapar iklan suatu produk dan mengakses online shop, sehingga generasi Z lebih rawan melakukan pembelian impulsif. Salah satu penyebab generasi Z melakukan pembelian impulsif adalah ketakutan akan dinilai negatif oleh orang lain, atau istilahnya Fear of Negative Evaluation (FNE). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Fear of Negative Evaluation (FNE) terhadap pembelian impulsif pada generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Alat ukur yang digunakan dalam kuesioner merupakan alat ukur yang diadaptasi sekaligus diterjemahkan dari Brief Fear of Negative Evaluation – straightforward items (BFNE-S) dan Buying Impulsivesness Scale. Dari hasil uji hipotesis didapatkan angka signifikansi sebesar 0,001 yang nilainya kurang dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa variabel Fear of Negative Evaluation (FNE) berpengaruh secara positif terhadap pembelian impulsif pada generasi Z. Artinya, semakin besar Fear of Negative Evaluation (FNE) yang dirasakan oleh generasi Z, maka perilaku pembelian impulsif pada generasi Z juga akan semakin tinggi.

Published
2023-07-07
How to Cite
Amanatin, D., & Savira, S. (2023). Pengaruh Fear of Negative Evaluation (FNE) terhadap Pembelian Impulsif pada Generasi Z. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 401-412. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/54355
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 225