PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB BAB PEMANTULAN CAHAYA

  • ARUNA IRANI
  • DWIKORANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, aktivitas siswa, hasil belajar dan respon siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis SAVI. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 di SMAN 1 Arosbaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengamatan, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis SAVI pada kategori sangat baik; 2) dengan penerapan model pembelajaran ini setiap siswa memiliki persentase aktivitas dominan pada setiap gaya belajarnya; 3) peningkatan hasil belajar siswa pada ketiga kelas termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis uji t berpasangan diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada ketiga kelas; dan 4) siswa memberikan respon yang sangat baik dalam penerapan model pembelajaran ini.

Kata Kunci : kooperatif, STAD, SAVI





Published
2018-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 35