IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING FISIKA PESERTA DIDIK

  • HASAN NUURUL HIDAAYATULLAAH
  • DWIKORANTO

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian pre-eksperimental dengan desain one-grup pretest-posttest menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh secara keseluruhan diinterpretasikan dalam kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika dengan menggunakan model Problem Based Learning terlaksana dengan kategori sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pada kelas eksperimen sebesar 88,47%, kelas replikasi I sebesar 85,80%, dan kelas replikasi II sebesar 87,43%.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Keterlaksanaan Pembelajaran

Published
2019-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 51