IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING FISIKA PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian pre-eksperimental dengan desain one-grup pretest-posttest menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran. Keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh secara keseluruhan diinterpretasikan dalam kriteria penilaian keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fisika dengan menggunakan model Problem Based Learning terlaksana dengan kategori sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pada kelas eksperimen sebesar 88,47%, kelas replikasi I sebesar 85,80%, dan kelas replikasi II sebesar 87,43%.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Keterlaksanaan Pembelajaran
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

