EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIMULASI BERBANTUAN PhET UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DITINJAU DARI PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

  • NELLA PUJI RAHAYU
  • DWIKORANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan, peningkatan hasil belajar aspek kognitif dan psikomotor, serta respon peserta didik terhadap model pembelajaran simulasi berbantuan media pembelajaran PhET pada materi gas ideal kelas XI. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di SMAN 1 Balong Ponorogo. Berdasarkan analisis dari data, diperoleh bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model simulasi berbantuan PhET berkategori baik, hasil belajar peserta didik aspek kognitif mengalami peningkatan nilai gain <g> sebesar 0,73 untuk kelas eksperimen dan 0,34 untuk kelas kontrol. Sedangkan hasil belajar aspek psikomotor diperoleh nilai gain <g> sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Model pembelajaran simulasi berbantuan media PhET pada kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Balong Ponorogo mendapat respon sangat baik dari peserta didik. Dibuktikan dengan rata-rata dari 11 pernyataan sebesar 3,40 dan persentase sebesar 85,09 % sehingga dapat digunakan pada materi pembelajaran fisika lainnya.

Kata kunci: Model simulasi, PhET, Keterlaksanaan pembelajaran, Peningkatan hasil belajar, Respon peserta didik

Published
2020-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 66