IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MATERI ALAT OPTIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan berpikir kreatif dan respon siswa terhadap penerapan model problem based instruction. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Kelas XI MIA 1 sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, tes dan kuosioner. Analisis kemampuan berpikir kreatif dengan uji n-gain score dan uji t-berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterlaksanaan penerapan model problem based instruction memperoleh presentase sebesar 91% dengan kategori sangat baik (2) Siswa mengalami peningkatan kemampuan berpikir kreatif signifikan dengan taraf signifikan 5% didukung dengan perolehan n-gain score pada indikator fluency (lancar) sebesar 0,90 dalam kategori tinggi; pada indikator flexibility (luwes) sebesar 0,85 dalam kategori tinggi: pada indikator originality (pembaruan) sebesar 0,86 dalam kategori tinggi dan pada indikator elaboration (merinci) sebesar 0,77 dalam kategori tinggi (3) Memperoleh respon yang positif dari siswa dengan presentase 97% dalam kategori sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based instruction dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kataikunci: problem based instruction, berpikir kreatif, alat optik
PDF Downloads: 51