STRATEGI PEMBELAJARAN MULTIREPRESENTASI PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMAN 1 AROSBAYA

  • DWIKI INDRASWARI
  • DWIKORANTO

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran fisika dengan menggunakan strategi pembelajaranomultirepresentasi dalam materi usaha dan energi. Pada tahapan pembelajaran strategi pembelajaran multireprentasi terdiri 5 fase, yaitu orientasi peserta didik pada fenomena fisis, penyajian model dari peristiwa dan fenomena fisis yang dialami peserta didik, penanaman konsep melalui pemberian strategi pembelajaran multirepresentasi, pemantapan dan pengayaan,pdan tindak lanjut. Jenis penelitian yang digunakan adalah experimental. Penelitian menggunakan satu kelas eksperimen dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode pengamatan dengan menggunakan tiga pengamat. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa: keterlaksanaan pembelajaran strategi pembelajaran multirepresentasi berkategori sangat baik sangat baik, yaitu: 89,75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran strategi pembelajaran multirepresentasi terlaksana dengan sangat baik.

Kata kunci: pembelajaran, strategi pembelajaran multirepresentasi, usaha dan energi

ABSTRACT

This study aims to describe the feasibility of physics learning by using multi-representation learning strategies in work and energy. In the learning phase of the multipresentation learning strategy consists of 5 phases,namely the orientation of students to physical phenomena, the presentation of models of physical events and phenomena experienced by students, the planting of concepts through the provision of multi-representation learning strategies, strengthening and enrichment, and follow up. The study uses one experimental class and the method of collecting documents used is the observation method using three observers. Based on the results of the analysis shows that: the implementation of learning multirepresentation learning strategies in very good category is very good, namely: 89.75%. Thus, it can be concluded that the learning of multi representation strategies is carried out very well.

Keywords: learning, multi representation, business and energy learning strategies
Published
2018-09-18
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 52