Pengaruh Penerapan Latihan Soal Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar di SMAN 2 Mojokerto
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMAN 2 Mojokerto diketahui bahwa sekolah tersebut sebagian besar masih menggunakan latihan soal berupa kata-kata. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan suatu latihan soal bergambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan latihan soal bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan benda tegar, terutama pada ranah kognitif. Penelitian ini menggunakan desain “Control group pre test-post test design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mojokerto. Sampel penelitian terdiri atas satu kelas eksperimen (XI IPA 4) dan satu kelas kontrol (XI IPA 1). Data yang diperoleh adalah hasil pre test dan post test. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan statistik yang terdiri atas uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil pre test dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis uji normalitas dan uji homogenitas, didapatkan semua kelas terdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji t dua pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen berbeda dengan rata-rata nilai post test kelas kontrol, karena thitung > ttabel. Dari hasil analisis uji t satu pihak diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata nilai post test kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan latihan soal bergambar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA pada materi kesetimbangan benda tegar di SMAN 2 Mojokerto.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

