KEEFEKTIFAN ANIMATED SIMULATION BOOK (AS BOOK) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Authors

  • SEKTIANI NUR ANISA
  • RUDY KUSTIJONO

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji keefektifan Animated Simulation Book (AS Book). Aspek keefektifan AS Book meliputi, keterampilan proses sains dan respon siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan one shoot case study. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains dan angket respon siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan angket respon. AS Book ini diujicobakan secara terbatas pada 20 siswa kelas X SMA Muhammadiyah 9 Surabaya pada bulan April 2018. Keefektifan AS Book untuk melatihkan keterampilan proses sains dasar memenuhi kategori sangat baik dengan persentase keterampilan proses sains dari angket respon siswa (96,48%) dan persentase keteramplan proses sains dari lembar observasi keterampilan proses sains (85%). Persentase respon siswa terhadap AS Book (97%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

17-07-2018

How to Cite

NUR ANISA, S., & KUSTIJONO, R. (2018). KEEFEKTIFAN ANIMATED SIMULATION BOOK (AS BOOK) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/24208

Issue

Section

Articles
Abstract views: 53 , PDF Downloads: 48

Most read articles by the same author(s)