MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

  • JIEHAN NADYA IQLIYA
  • RUDY KUSTIJONO

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian adalah menghasilkan media interaktif augmented reality untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA yang layak secara konseptual. Jenis penelitian adalah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan modifikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk 3 orang pakar pembelajaran fisika sebagai validator dan 34 orang teman sejawat (calon guru fisika). Pengukuran validasi dan pandangan teman sejawat menggunakan skala Likert (1=sangat kurang, 2=
kurang, 3=baik, 4=sangat baik). Penggunaan media interaktif augmented reality dinyatakan layak secara konseptual jika persentase kelayakan dari validator dan teman sejawat ≥ 61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pakar menyatakan layak (persentase kelayakan aspek teknis 86%, aspek media 83%, aspek pembelajaran 86%), didukung teman sejawat yang memandang juga layak (persentase kelayakan aspek teknis 88%, aspek media 86%, aspek pembelajaran 86%). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan media interaktif augmented reality layak secara konseptual digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA dalam pembelajaran fisika.Kata Kunci: Augmented Reality, keterampilan proses sains, pembelajaran fisika
Published
2020-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 54