MEDIA INTERAKTIF AUGMENTED REALITY UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian adalah menghasilkan media interaktif augmented reality untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA yang layak secara konseptual. Jenis penelitian adalah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan modifikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk 3 orang pakar pembelajaran fisika sebagai validator dan 34 orang teman sejawat (calon guru fisika). Pengukuran validasi dan pandangan teman sejawat menggunakan skala Likert (1=sangat kurang, 2=kurang, 3=baik, 4=sangat baik). Penggunaan media interaktif augmented reality dinyatakan layak secara konseptual jika persentase kelayakan dari validator dan teman sejawat ? 61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pakar menyatakan layak (persentase kelayakan aspek teknis 86%, aspek media 83%, aspek pembelajaran 86%), didukung teman sejawat yang memandang juga layak (persentase kelayakan aspek teknis 88%, aspek media 86%, aspek pembelajaran 86%). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan media interaktif augmented reality layak secara konseptual digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMA dalam pembelajaran fisika.Kata Kunci: Augmented Reality, keterampilan proses sains, pembelajaran fisika
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

