Penggunaan Physics Education Game Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kelayakan penggunaan physics education game untuk melatihkan keterampilan berpikir kirtis siswa SMA dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk 3 orang pakar pembelajaran fisika sebagai validator dan 15 orang teman sejawat. Pengukuran validasi dan penilaian teman sejawat menggunakan skala Likert. Penggunaan game dinyatakan layak secara konseptual jika persentase kelayakan dari validator dan teman sejawat ? 61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pakar menyatakan layak dengan persentese kelayakan teknis 91.87 %, media 96.25%, dan pembelajaran 88.43 %yang didukung oleh teman sejawat yang memandang layak persentase kelayakan teknis 88% media 89 % dan pembelajaran 89 %. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan physics education game layak secara konseptual digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran fisika.
Kata Kunci: physics education game keterampilan berpikir kritis dan pembelajaran fisika
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

