PENGEMBANGAN e-BOOK FISIKA MENGGUNAKAN SIGIL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

  • FITRIA REZA AMALIA
  • RUDY KUSTIJONO

Abstract

Penelitian pengembangan e-Book Fisika menggunakan Sigil yang telah dilakukan di SMA Muhammadiyah 9 dengan subjek penelitian yakni peserta didik kelas X MIA yang bertujuan untuk menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari pengembangan e-Book Fisika menggunakan Sigil untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi momentum dan impuls. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi, observasi, dan test tertulis. Sedangkan instrumen yangidigunakan adalah; 1) instrumen validitas, 2) instrumen kepraktisan, dan 3) instrumen efektivitas. Langkah percobaan sesuai dengan tahapan ADDIE. Sehingga hasil data penelitian diambil dari tahapan ADDIE yakni; 1) Tahap Analysis, hasil identifikasi masalah dari studi pustaka, 2) Tahap Design menghasilkan validasi perangkat pembelajaran dengan persentase validitas 90,31%, 3) Tahap Development menghasilkan e-Book Fisika yang telah dilakukan proses validasi berupa validitas isi yang ditinjau dari pembelajaran, materi, dan media dengan persentase validitas 90,99%, 4) Tahap Implementation menerapkan pembelajaran Fisika menggunakan e-Book Fisika Sigil untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis, 5) Tahap Evaluation menghasilkan penilaian validitas kepraktisan 99,11% dan efektivitas e-Book yang ditinjau dari respon siswa menghasilkan persentase validitas 96,60%, pengamatan keterampilan berpikir kritis menghasilkan persentase validitas 94,17%, dan pengetahuan menghasilkan persentase validitasi 84,07%. Hasil pada semua tahap tersebut dapat dinyatakan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak dan dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: Pengembangan e-Book Fisika, keterampilan berpikir kritis, dan Sigil

Published
2018-11-21
Section
Articles
Abstract Views: 214
PDF Downloads: 234