Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android untuk Melatihkan Proses Ilmiah (5M) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida SMA

Authors

  • MUCHAMAD LUKMAN CHAKIM
  • RUDY KUSTIJONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk melatihkan proses ilmiah (5M) dengan pendekatan saintifik pada materi fluida SMA yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluate). Sasaran penelitian adalah 20 siswa kelas X SMA Muhammadiya 9 Surabaya. Kevalidan media memperoleh kriteria valid dan sangat valid (bahasa 78.03%, media 90,74% dan materi 81,48%). Kepraktisan pembelajaran memperoleh 89,74% kriteria sangat baik. Kendala yang dihadapi saat pembelajaran adalah akses internet yang mengganggu kelancaran pemutaran video, hal ini diatasi dengan penggunaan LCD dikelas. Keefektifan media pada penilaian proses ilmiah (5M) memperoleh kriteria sangat baik (mengamati 91,25%; Menanya 91,25%; Mencoba 92,5%; Menalar 88,75%; dan mengomunikasikan 91,25%), sedangkan pada respon siswa memperoleh 85% kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil kevalidan, kepraktisan dan keefektifan peneliti menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Android yang dihasilkan dapat melatihkan proses ilmiah (5M) pada materi fluida SMA.




Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

23-08-2018

How to Cite

LUKMAN CHAKIM, M., & KUSTIJONO, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Android untuk Melatihkan Proses Ilmiah (5M) dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fluida SMA. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/25315

Issue

Section

Articles
Abstract views: 81 , PDF Downloads: 65

Most read articles by the same author(s)