Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Lab Virtual PhET Sebagai Pelengkap Lab Riil ‎dalam Pembelajaran Fisika Jurusan Multimedia di SMKN 1 Nganjuk‎

Authors

  • Dwi Ade Noviantoro
  • Rudy Kustijono

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengambangkan perangkat pembalajaran dengan lab virtual PhET sebagai pelengkap lab riil dalam pembelajaran fisika di SMK jurusan multimedia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, mendeskripsikan keterlaksanaan perangkat pembelajaran dalam pembelajaran fisika di SMKN 1 Nganjuk. Rancangan pengembangan pembelajaran dalam penelitian ini mengadaptasi penelitian pengembangan model 4D (four D model) yang terdiri dari: tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dalam penelitian ini hanya digunakan tiga tahap, yaitu sampai tahap pengembangan. Standar kompetensi yang ditetapkan adalah menerapkan konsep listrik arus searah dengan kompetensi dasar menguasai hubungan antara tegangan, hambatan, dan arus. Subyek penelitian adalah perangkat pembelajaran fisika SMK dengan lab virtual PhET dalam pembahasan “Kelistrikan Arus Searah”. Uji coba terbatas pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan terhadap 18 siswa kelas XI jurusan multimedia SMK N 1 Nganjuk pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: 1) Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara keseluruhan berkategori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran fisika di SMK Negeri 1 Nganjuk; 2) Keterlaksaan pembelajaran fisika menggunakan perngkat pembelajaran yang telah dikembangkan secara keseluruhan dapat berjalan dengan baik dan efektif yang meliputi respon siswa, hasil belajar siswa, dan proses keterlaksanaan pembelajaran dengan perangkat yang dikembangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-04-2025

How to Cite

Noviantoro, D. A., & Kustijono, R. (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Lab Virtual PhET Sebagai Pelengkap Lab Riil ‎dalam Pembelajaran Fisika Jurusan Multimedia di SMKN 1 Nganjuk‎. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1), 113–119. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/372

Issue

Section

Articles
Abstract views: 337 , PDF Downloads: 75

Most read articles by the same author(s)