GAME APPLIED PHYSICS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

  • SORAYA DEWI NOVIDYA
  • RUDY KUSTIJONO

Abstract

Tujuan penelitian adalah menghasilkan game applied physics untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jenis penelitian adalah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan modifikasi. Kelayakan game didasarkan pada pengukuran validitas dari aspek teknis, aspek media dan aspek pembelajaran oleh 3 orang ahli pembelajaran fisika. Kelayakan game juga didasarkan pada pandangan 35 orang teman sejawat calon guru fisika yang dijaring secara online. Penilaian validitas oleh ahli pembelajaran dan penilaian teman sejawat menggunakan skala Likert (4 = sangat baik, 3 = baik, 2= kurang, dan 1 = sangat kurang). Game applied physics dinyatakan layak secara konseptual jika persentase kelayakannya ≥ 61%. Penelitian menghasilkan validitas dalam kategori valid atau layak secara konseptual (persentase kelayakan teknis 96%, media 86%, pembelajaran 85%). Teman sejawat juga memandang game layak secara konseptual (persentase kelayakan teknis 84%, media 85%, dan pembelajaran 86%). Kesimpulan yang diperoleh adalah secara konseptual game applied physics dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran fisika.

Kata Kunci: game applied physics, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran fisika


Published
2020-06-19
Section
Articles
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 41