GAME APPLIED PHYSICS UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Abstract
Tujuan penelitian adalah menghasilkan game applied physics untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jenis penelitian adalah pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan modifikasi. Kelayakan game didasarkan pada pengukuran validitas dari aspek teknis, aspek media dan aspek pembelajaran oleh 3 orang ahli pembelajaran fisika. Kelayakan game juga didasarkan pada pandangan 35 orang teman sejawat calon guru fisika yang dijaring secara online. Penilaian validitas oleh ahli pembelajaran dan penilaian teman sejawat menggunakan skala Likert (4 = sangat baik, 3 = baik, 2= kurang, dan 1 = sangat kurang). Game applied physics dinyatakan layak secara konseptual jika persentase kelayakannya ? 61%. Penelitian menghasilkan validitas dalam kategori valid atau layak secara konseptual (persentase kelayakan teknis 96%, media 86%, pembelajaran 85%). Teman sejawat juga memandang game layak secara konseptual (persentase kelayakan teknis 84%, media 85%, dan pembelajaran 86%). Kesimpulan yang diperoleh adalah secara konseptual game applied physics dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA dalam pembelajaran fisika.Kata Kunci: game applied physics, keterampilan berpikir kritis, pembelajaran fisika
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 91
,
PDF Downloads: 57



