PENGEMBANGAN BUKU SAKU FISIKA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan buku saku fisika dengan teknologi Augmented Reality berbasis Android pada materi Pemanasan Global.Uji coba terbatas dilakukan di XI IPA SMA Muhamadiyah 4 GempolPasuruan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE dengan tahapan penelitian analysis (menerapkan), design (merancang), develop (mengembangkan), implementation (menerapkan), dan evaluate (evaluasi). Hasil pengembangan buku saku fisika dengan teknologi Augmented Reality berbasis Android pada materi pemanasan global adalah layak untuk dipergunakan.Kelayakan media tersebut dapat ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya.Nilai validasi media didapatkan persentase rata-rata 93,5% dengan kriteria sangat valid. Nilai kepraktisan media didapatkan dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik. Keterlaksanaan pembelajaran mendapatkan persentase rata-rata 95,3% dengan kriteria sangat baik dan aktivitas peserta didik mendapatkan persentase rata-rata 100% dengan kriteria sangat baik. Nilai keefektifan media didapatkan dari respon dan hasil belajar peserta didik. Hasil respon peserta didik didapatkan persentase rata-rata 94,3% dengan kriteria sangat baik dan hasil belajar peserta didik didapatkan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,36% dengan 19 peserta didik dinyatakan tuntas dan 3 peserta didik dinyatakan belum tuntas dari jumlah keseluruhan peserta didik adalah 22.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

