Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana Kelas X di SMA Negeri 1 Gedangan

  • AYU DIYAH ARIANTI
  • SUPARDIYONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, hasil belajar peserta didik serta respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Gedangan yang berjumlah delapan kelas. Sampel penelitian ditentukan atas rekomendasi guru dan di peroleh kelas X MIA 5, X MIA 2 dan X MIA 6 yang berdistribusi normal dan homogen. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode observasi, metode tes dan metode angket respon. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi gerak harmonic sederhana terlaksana dengan baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan di kelas X MIA 5, X MIA 2 serta X MIA 6 meningkat dengan kategori tinggi, sedangkan pada aspek keterampilan semua peserta didik tuntas. Pembelajaran guided discovery memperoleh respon yang sangat baik dari peserta didik.

Kata kunci: Guided Discovery, Hasil belajar, Gerak Harmonik Sederhana


Published
2019-06-20
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 29