PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X

Authors

  • NABILLA NUR CAHYAQI
  • SUPARDIYONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar Fisika peserta didik kelas X. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus, yakni seluruh kelas X MIPA. Untuk variabel bebas pada penelitian ini yaitu kebiasaan belajar yang dikategorikan menjadi kebiasaan baik dan kebiasaan buruk dalam belajar. Teknik analisis data yang digunakan analisis butir soal, uji prasyarat angket yaitu Kaiser Meyer Olkin dan Bartlett (KMO), kemudian uji normalitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana, dan koefisien korelasi pearson product moment serta koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah nilai KMO dari angket kebiasaan belajar sebesar 0,817 dan uji Bartlett ( = 793,508, df = 120, p < 0,000) dengan empat faktor yang terbentuk dan dengan cumulative sebesar 51,329%. Untuk hasil regresi linier sederhana kebiasaan baik dalam belajar memiliki pengaruh sebesar 16,1% terhadap prestasi belajar Fisika, sedangkan kebiasaan buruk memiliki pengaruh sebesar 4,9% terhadap prestasi belajar Fisika.

Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar Fisika, Uji Regresi Linier.





Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-07-2019

How to Cite

NUR CAHYAQI, N., & SUPARDIYONO. (2019). PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/28605

Issue

Section

Articles
Abstract views: 119 , PDF Downloads: 103

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>