PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBASIS LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIK DI SMA NEGERI 1 CERME

  • ADISTY HALIMATUS SYADIYAH
  • SUPARDIYONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, hasil belajar peserta didik serta respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model guided discovery berbasis laboratorium. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental menggunakan one group pretest – posttest desaign, dengan satu kelas eksperimen dan dua kelas replika. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Cerme yang berjumlah sembilan kelas. Sampel penelitian ditentukan atas rekomendasi guru dan diperoleh kelas X MIPA 1, X MIPA 2 dan X MIPA 3 yang berdistribusi normal dan homogen. Metode pengambilan data yang digunakan adalah pengamatan, tes (pretest dan posttest) dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery berbasis laboratorium pada materi gerak harmonik sederhana terlaksana dengan baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan meningkat dengan kategori tinggi, sedangkan pada aspek ketrampilan semua peserta didik tuntas. Pembelajaran model guided discovery berbasis laboratorium memperoleh respon yang sangat baik dari peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, proses pembelajaran yang dilaksanakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : guided discovery, hasil belajar, gerak harmonik.

Published
2020-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 39