KELAYAKAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK MISKONSEPSI BERFORMAT FOUR TIER UNTUK MENGUNGKAP MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON

  • JULINASARI
  • SUPARDIYONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan instrumen tes diagnostik miskonsepsi berformat four-tier yang ditinjau dari aspek validitas dan reliabilitas serta mengungkap miskonsepsi siswa pada materi Hukum Newton. Instrumen tersebut dikembangkan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) kemudian dilakukan validasi teoritis dan empiris. Validasi teoritis dilakukan oleh 3 dosen ahli sementara validitas empiris melalui uji coba 1. Hasil validasi teoritis menunjukkan bahwa instrumen tergolong sangat valid. Selain itu, instrumen juga diuji cobakan sebanyak dua kali, yaitu uji coba 1 dan uji coba 2. Uji coba 1 dilakukan untuk menganalisis validitas empiris dan reliabilitas instrumen dengan sampel 50 siswa kelas XI-MIPA. Validitas empiris meliputi aspek materi dan konstruk. Validitas empiris materi diperoleh berdasarkan persentase false negatives dan false positives sedangkan validitas empiris konstruk diperoleh dari nilai korelasi product moment (rxy) sebesar 0,478. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka instrumen dinyatakan valid. Indeks reliabilitas instrumen dengan menggunakan persamaan koefisien reliabilitas Alfa Cronbach bernilai 0,847 dan dinyatakan reliabel. Uji coba 2 dilakukan untuk mengungkap profil miskonsepsi siswa kepada 32 siswa kelas X-MIPA. Hasil uji coba 2 menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi terbesar yang dialami oleh siswa terdapat pada konsep Hukum II Newton dan Gaya Berat.


Published
2020-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 84