KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

Authors

  • RISKA HERDIANA
  • SUPARDIYONO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran learning cycle 7E untuk melatihkan keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-experimental dengan rancangan one-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA, dengan sampel penelitian ini yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang ditentukan oleh pihak sekolah berdasarkan beberapa pertimbangan, kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan. Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E untuk melatihkan keterampilan proses sains peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-07-2018

How to Cite

HERDIANA, R., & SUPARDIYONO. (2018). KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/23942

Issue

Section

Articles
Abstract views: 49 , PDF Downloads: 43

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>