PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Authors

  • ITSNA RONA WAHYU ASTUTI
  • SUPARDIYONO

Abstract

Abstrak

Problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu mendorong peserta didik melakukan pemecahan masalahmelalui beberapa tahapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah setelah diterapkan problem based learning. Metode penelitian yang digunakan berupa metode tes dengan analisis uji nomalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat ntuk uji-t dan uji n-gain. Berdasarkan hasil uji-t dan uji n-gain menghasilkan bahwa nilai pre-test dan post-test mengalami peningkatan yang signifikan dengan n-gain masing-masing kelas relatif sama yaitu 0,5 dengan kategori sedang. Bersesuaian dengan hasil analisis dapat ditarik sebuah simpulan bahwa problem based learning mampu melatihkan kemampuan pemecahan yang ditunjukan dengan adanya peningkatan kemamuan pemecahan pada peserta didik pada tiap tahapan pemecahan masalah.

Kata kunci: problem based learning, kemampuan pemecahan masalah





Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-07-2019

How to Cite

RONA WAHYU ASTUTI, I., & SUPARDIYONO. (2019). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/28977

Issue

Section

Articles
Abstract views: 54 , PDF Downloads: 53

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>