Penerapan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa

Authors

  • DERRA LARASATI
  • HAINUR RASID ACHMADI

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar berbasis keterampilan komunikasi dan peningkatan keterampilan komunikasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif (active learning). Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Lembar pretest dan posttest telah diujikan kepada 15 mahasiswa baru 2017 di Universitas Negeri Surabaya. Data penelitian didapat melalui pengamatan dan tes. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Keterampilan komunikasi dianalisis berdasarkan lembar pengamatan keterampilan komunikasi siswa dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t dan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran aktif (active learning) dapat meningkatkan keterampilan komunikasi (verbal dan non-verbal) siswa, keterampilan komunikasi (verbal dan non-verbal) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Siswa yang memperoleh peningkatan hasil belajar tinggi cenderung memperoleh persentase keterampilan komunikasi yang tinggi, sebaliknya siswa yang memperoleh peningkatan hasil belajar rendah cenderung memperoleh persentase keterampilan komunikasi yang rendah. Pembelajaran aktif memperoleh respon yang sangat baik dari siswa.

Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar






Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

27-07-2018

How to Cite

LARASATI, D., & RASID ACHMADI, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/24872

Issue

Section

Articles
Abstract views: 116 , PDF Downloads: 83

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>