Penerapan Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa
Abstract
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar berbasis keterampilan komunikasi dan peningkatan keterampilan komunikasi siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif (active learning). Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Lembar pretest dan posttest telah diujikan kepada 15 mahasiswa baru 2017 di Universitas Negeri Surabaya. Data penelitian didapat melalui pengamatan dan tes. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Keterampilan komunikasi dianalisis berdasarkan lembar pengamatan keterampilan komunikasi siswa dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan uji t dan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran aktif (active learning) dapat meningkatkan keterampilan komunikasi (verbal dan non-verbal) siswa, keterampilan komunikasi (verbal dan non-verbal) berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar. Siswa yang memperoleh peningkatan hasil belajar tinggi cenderung memperoleh persentase keterampilan komunikasi yang tinggi, sebaliknya siswa yang memperoleh peningkatan hasil belajar rendah cenderung memperoleh persentase keterampilan komunikasi yang rendah. Pembelajaran aktif memperoleh respon yang sangat baik dari siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Aktif, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

