VALIDITAS E-BOOK DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SUHU DAN KALOR

  • TAMLIKHOTUT TAFAULIYATI
  • HAINUR RASID ACHMADI

Abstract

Pada abad ke-21 perkembangan teknologi sangat pesat. Perkembangan teknologi tersebut dapat digunakan untuk menunjang pembelajaran, salah satunya dengan menggantikan buku cetak oleh e-Book. E-Book dapat digunakan sebagai sumber belajar yang interaktif karena dapat diintergrasikan dengan gambar, animasi, video, dan flash agar lebih menarik dan terlihat nyata. Dalam penerapannya, e-Book literasi sains yang dikembangkan juga perlu didukung dengan adanya perangkat pembelajaran yang mengcu pada e-Book tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kevalidan e-Book berbasis literasi sains.dan perangkat pembelajaran fisika terintegrasi e-Book. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE dengan analisis data deskriptif-kuantitatif, teknik pengambilan data menggunakan lembar validasi untuk mengetahui kevalidan e-Book dan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Book berbasis literasi sains sangat valid digunakan sebagai sumber belajar dengan persentase nilai validitas dari aspek media sebesar 92.98%, dari aspek materi sebesar 94.73%, dan persentase nilai validitas aspek bahasa sebesar 94.60%. Sedangkan hasil validitas perangkat pembelajaran fisika terintegrasi e-Book dinyatakan sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Validitas perangkat pembelajaran tersebut meliputi validitas silabus sebesar 89.30%, validitas RPP sebesar 89.80%, validitas LKPD sebesar 91.00%, validitas lembar penilaian sebesar 88.00%. Dengan demikian, e-Book dan perangkat pembelajaran fisika berbasis literasi sains yang telah dikembangkan tergolong sangat valid untuk digunakan dalam mendukung pembelajaran.

Published
2020-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 172