KETERLAKSANAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP METODE SCAFFOLDING PADA MATERI HUKUM II NEWTON
Abstract
Model pembelajaran konsep adalah model pembelajaran konstruktivisme yang menekankan pada pemahaman konsep pada proses pembelajaran. Hasil observasi di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo menunjukkan bahwa nilai fisika siswa kelas X masih kurang dari KKM. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaraan yang digunakan guru masih belum sesuai. Untuk itu, penelitian dilakukan terkait penerapan model pembelajaran konsep metode scaffolding guna, mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran terhadap penerapan model pembelajaran konsep pada materi Hukum II Newton. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk desain pre-experimental dan jenis desain one group pre-test post-test yang menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Berdasarkan keterlaksanaan pada ketiga kelas yang diamati dari aktivitas guru untuk satu kali pertemuan dinyatakan terlaksana dengan kategori sangat baik, sehingga metode scaffolding yang digunakan pada proses pembelajaran sangat efektif. Secara keseluruhan pembelajaran dengan menerapkan model konsep metode scaffolding dapat terlaksana dengan baik.
Kataikunci: Model Pembelajaran Konsep, Metode Scaffolding, Hukum II Newton.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

